Selasa, 15 November 2011

Stop Global Warming



Global Warming merupakan salahsatu bahaya yang dapat mengancam bumi dengan cepat karena meningkatnya suhu rata-rata atmosfer bumi. Meningkatnya suhu global diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan  seperti naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrem, serta perubahan jumlah dan pola presipitasi. Akibat-akibat pemanasan global yang lain adalah terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya gletser, dan punahnya berbagai jenis hewan. jika global warming terus terjadi menyebabkan es di kutub utara akan mencair dan mengakibatkan  naiknya permukaan laut dan bahkan bisa menenggelamkan bumi.

peningkatan temperatur  karena ada faktor-faktor seperti, perubahan jumlah awan, pemantulan panas yang berbeda antara daratan dan lautan, perubahan kandungan uap air di udara, perubahan permukaan Bumi, baik karena pembukaan lahan, perubahan permukaan, atau  perbuatan manusia itu sendiri seperti penebangan hutan secara besar-besaran, penggunaan kendaraan yang tidak ramah lingkungan, gas-gas pabrik, pembakaran hutan.

global warming pun dapat terjadi karena  efek rumah kaca (greenhouse effect) yang disebabkan oleh meningkatnya emisi gas-gas seperti karbondioksida (CO2), metana (CH4), dinitrooksida (N2O) dan CFC sehingga energi matahari terperangkap dalam atmosfer bumi.

Dampak global warming:
- Iklim tidak stabil
- meningkatnya permukaan laut
- suhu global meningkat
- gangguan ekologis

Usaha-usaha untuk Mencegah Global Warming
• Memanfaatkan kembali barang-barang yang telah digunakan.
• Menggalakkan penanaman dijalur hijau jalan raya dan hutan kota.
• Hemat energiSelalu matikan listrik pada alat yang sedang tidak dipakai. Seperti: lampu, kipas angin,      televisi, dan computer.
• Membeli barang yang hemat kemasan.
• Pilihlah untuk berjalan kaki/ naik sepeda onthel untuk mengurangi penggunaan bahan bakar yang menghasilkan gas rumah kaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar